Contoh makalah tentang kewirausahaan
Kewirausahaan adalah sebuah proses menciptakan sesuatu agar bisa bernilai tambah dalam ekonomi. Kewirausahaan adalah serapan dari dua frasa, wira yang artinya laki-laki atau mandiri dan usaha yang berarti sebuah kegiatan dengan mengerahkan tenaga dan pikiran untuk mencapai suatu maksud
Contoh-Contoh dari Wirausah
- Kerajinan tangan.
- Penjahit.
- Penatu.
- Restoran.
- Percetakan.
- Catering.
- Usaha digital.
- Bimbingan belajar.
MAKALAH
KEWIRAUSAHAAN
Contoh-Contoh dari Wirausaha
- Kerajinan tangan.
- Penjahit.
- Penatu.
- Restoran.
- Percetakan.
- Catering.
- Usaha digital.
- Bimbingan belajar.
KATA PENGANTAR
Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala
limpahan rahmat taufik hidayahNYa, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah
yang berjudul “ PELUANG USAHA “ dengan lancar dan baik. Semoga Makalah ini
dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi
pembaca pada umumnya.
Harapan penulis mudah–mudahan makalah ini bermanfaat dan
dapat menambah pengetahuan bagi pembaca. Saya akui makalah ini mungkin masih
jauh dari sempurna, sehingga penulis mohon maaf apabila ada kesalahan baik
dalam kata-kata maupun dalam penulisan makalah ini. Untuk itu diharapkan bagi
pembaca untuk memberi masukan yang sifatnya membangun demi kesempurnaan makalah
yang baik dan benar.
Pancatengah, Juli 2017
Penulis,
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Munculnya persaingan dalam berwirausaha
merupakan hal yang tidak dapat dihindari.Dengan adanya persaingan, maka
wirausahawan dihadapkan pada berbagai peluang dan ancaman baik yang berasal
dari luar maupun dari dalam usaha yang akan memberikan pengaruh yang cukup
besar terhadap kelangsungan hidup usaha. Untuk itu setiap wirausaha dituntut
untuk selalu mengerti dan memahaini apa yang terjadi dipasar dan apa yang
menjadi keinginan konsumen, serta berbagai perubahan yang ada di lingkungan
bisnis sehingga mampu bersaing dengan dunia bisnis lainnya dan berupaya untuk
meininimalisasi kelemahan-kelemahan dan memaksimalkan kekuatan yang
diiniliki.Dengan deinikian para wirausaha dituntut untuk meinilih dan
menetapkan strategi yang dapat digunakan untuk menghadapi persaingan.Dengan
adanya tekanan persaingan begitu ketat, baik secara langsung atau tidak
langsung sangat mempengaruhi kinerja organisasi bisnis baik dalam hal
teknologi, kebutuhan pelanggan dan siklus produk. Pada saat kondisi seperti
itulah sangat diperlukan strategi yang tepat dalam mengambil keputusan maupun
langkah-langkah tertentu untuk mempertahankan usahanya tersebut. Strategi
bersaing juga diperlukan teknik atau cara-cara yang akan dilakukan untuk
pengembangan usaha.
Didalam berwirausaha juga ada beberapa
aspek yang menentukan berhasil tidaknya suatu usaha yang dijalankan.
Diantaranya aspek modal, pengelolan maupun pemasaran. Modal bisa di dapat dari
berbagai cara inisalnya dengan modal yang kita punya sendiri ataupun dengan
pinjaman. Oleh karena itu dibutuhkan juga suatu kemitraan atau
hubungan sosial yang baik dalam berwirausaha. Karena terkadang dalam
berwirausaha kita tidak dapat memulainya sendiri baik karena kekurangan uang,
sumber daya, maupun kreatifitas.
B. Rumusan Masalah
A.Bagaimanakah
cara pengelolaan usaha?
B.Apa saja teknik dan strategi pemasaran.
C.Apa teknik pengembangan usaha
D.Manajemen apasaja yang dijelaskan dalam strategi
kewirausahaan?
C. Tujuan
Tujuan dari pembuatan makalah ini
adalah untuk melihat dari profil usaha dalam pengelolaan usaha dan strategi
kewirausahaan. Meliputi beberapa aspek diantaranya adalah:
1.Pengelolaan usaha
2.Teknik dan strategi pemasaran
3.Teknik pengembangan usaha
4.Manajemen dan
strategi kewirausahaan
BAB II
PEMBAHASAN
A.PERENCANAAN USAHA
Langkah pertama untuk melakukan kewirausahaan adalah memilki ide,setelah
ide itu muncul maka kita dapat memulai melakukannya, yang harus dilakukan
selanjutnya adalah membuat perencanaan. Hal ini berguna sebagai persiapan awal
yang mana memiliki dua fungsi yaitu: sebagai pedoman untuk mencapai
keberhasilan manajemen usaha dan sebagai alat untuk mengajukan kebutuhan
permodalan yang bersumber dari luar. Pengertian dari
perencanaan usaha adalah suatu
cetak biru tertulis berisikan misi, usulan, operasional, rincian financial,
strategi, peluang usaha yang mungkin diraih dankemampuanserta keterampilan pengelolaanya.
Menurut Zimmerer (1993: 331) ada beberapa unsur yang harus ada dalam perencanaan usaha, yaitu:
1.Ringkasan pelaksanaan
2.Profil usaha
3.Strategi usaha produk dan jasa strategi pemasan
4.Analisis Pesaing
5.ringkasan karyawan dan pemilik
6.Rencana operasional
7.Data financial
8.Proposal/ usulan pinjaman
9.Jadwal operasional
Setelah membuat ringkasan
eksekutif, langkah berikutnya adalah menentukan misi usaha yang mengambarkan
maksud-maksud usaha dan filosofi manajemen perusahaan. Selain itu diperlukan
membuat format rinkasan eksekutif seorang calon pengusaha juga harus membuat
usulan atau proposal usaha. Usulan usaha dimaksudkan untuk mengajukan dana
kepada penyandang dana, seperti investor, banker, dan lembaga keuangan lainnya
yang siap membantu perusahaan.
Bebebrapa aspek yang biasanya dimuat dalam proposal usaha meliputi:
Bebebrapa aspek yang biasanya dimuat dalam proposal usaha meliputi:
1.Manajemen usaha
2.Pemasaran
3.Produksi/ operasional
4.Keuangan perusahaan.
B.TEKNIK DAN STRATEGI PEMASARAN
Pemasaran merupakan suatu kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen (Probe),
Menghasilkan barang atau jasa (Product), Menetukan harga
(Price), Mendistribusikan barang dan jasa (Place),kemudian
Mepromosikan (Promotion) barang dan jasa tersebut.
Prinsip dasar pemasaran adalah
menciptakan hasil bagi pelanggan, keunggulan bersaing dan focus
pemasaran.kemudian mempelajari dan melatih bagaimana barang dan jasa yang
dihasilkan itu didistribusikan atau dipasarkan.dari hal tersebut maka kita
kaitkan tujuan pemasaran adalah bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan
disukai,dibutuhkan, dan dibeli oleh konsumen.ini berarti, perhatian kita dalam pemasaran
haruslah diawali dengan riset pemasaran,yaitu untuk meneliti kebutuhan dan
keinginan konsumen.sesuai dengan tujuan pemasaran,maka inti pemasaran adalah
penciptaan nilai yang lebih tinggi bagi
konsumen dari pada nilai yang diciptaan oleh pihak pesaing.strategi
usaha yang cocok dengan konsep tersebut.
Perencanaan pemasaran
Ada beberapa langkah dalam merencanakan pemasaran bagi
usaha baru, yaitu :
1.Penentuan
kebutuhan dan keinginan konsumen (penelitian atau
Riset pemasaran)
2.Memilih pasar
sasaran khusus (pasar individual, khusus, segmentasi pasar)
3.Menempatkan
strategi pemasaran dalam persaingan
4.Pemilihan
strategi pemasaran
Bauran pemasaran
Bauran
pemasaran (marketing mix)meliputi 5P yaitu:
A.Penelitian dan
pengembangan pasar
seperti telah dikemukakan
bahwa langkah pertama kegiatan pemasaran adalah meneliti kebutuhan dan
keinginan konsumen. Menurut peggy lambing dan charles L. Kuehl (2000:153),
keunggulan bersaing perusahaan baru terletah pada perbedaan perusahaan tersebut
dengan bersaingnya dalam hal-hal berikut:
1.Kualitas yang lebih baik
2.Harga yang lebih murah dan bisa di tawarkan
3.Lokasi yang lebih coco, lebih dekat, lebih cepat
4.Seleksi barang dan jasa yang lebih menarik
5.Pelayanan yang lebih baik dan memuaskan konsumen
6.Kecepatan, baik dalam pelayanan maupun penyaluran barang .
Oleh sebab itu, menurut Zimmerer (1996:117), bagi usaha
baru sangatlah cocok untuk menerapkan sstrategi market driven (dorongan pasar).
Strategi ini dibangun pada f0ndasi berikut,
1.Orientasi konsumen
Usaha baru yang berhasil pada umumnya memusatkan
perhatian pada pengembangan sikap yang berorientasi kepada kepuasan pemangku
kepentingan.
2..Kualitas
Agar berhasil dalam persaingan global sangatlah penting
bagi perisahaan untuk memperhatikan kualitas barang dan jasa serta pelayanan.
Lialitas telah dijadikan tujuan strategi beberapa perusahaan di dunia, yang
kemudian secara integral di jadikan bagian dari budaya perusahaan.
3.Kenyamanan
Untuk mengetahui kenyamanan, dilakukan dengan cara
meminta informasi kepada pelanggan, misalnya kesenangan apa yang mereka
inginkan dan harapkan dari pelayanan yang disajikan perusahan?
Untuk meberikan
pelayanan yang menyenangkan harus diperhatikan hal-hal berikut:
A.Lokasi usaha
harus dekat dengan pelanggan
B.Berikan
kemudahan kepada pelanggan
C.Tentukan jam
kerja yang menyenangkan pelanggan
D.Tetapkan apakah
barang pelu dantar atau tidak.
1.Inovasi
Inovasi merupakan kunci keberhsilan bagi usaha baru.
Perubahan pasar yang sangat cepat dan persaingan yang komples menuntut inovasi
terus menerus atau berkesinambungan. Beberapa bentuk inovasi yang lazim dan
terkenan iyalah dalam bentuk:
A.Produk baru
B.Perbedaan
tehnik atau cara
C.Pendekatan baru
dalam meperkenalkannya
1.Kecepatan
Kecepatan adalah kekuatan dalam persaingan. Dengan
kecepatan berarti mengurangi biaya, meningkatkan kualitas dan memenuhi
permintaan pasar. Secara filosofis, kecepatan di sebut time compression
management (TCM) yang memiliki dua aspek yaitu:
A.Mempercepat
produk baru pasar
B.Memperpendek
waktu dalam merespon permintaan pelanggan, baik dalam memproses produk maupun
dalam mendistribusikan atau menyampaikannya.
1.Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan
Cara menciptakan pelayanan dan kepusan pelanggan dapat
dilakukan sebagai berikut:
A.Dengarkan dan
perhatikan pelanggan.
B.Tetapkan
pelayanan terbaik.
C.Tetapkan ukuran
dan kinerja standar.
D.Berikan
perlindungan hak-hak karyawan.
E.Gunakan
teknologi yang memberikan pelayana terbaik.
F.Berikan hadiah
bagi pelayanan yang terbaik.
2.Produk(Product)
Perlu diingat bahwa produk selalu
mengalami daur hidup(product life cycle),yang terdiri atas tahap
pengembangan,tahap pengenalan,tahap pertumbuhan penjualan,tahap
kematangan,tahap kejenuhan,dan penurunan.
Prinsip pengembangan product meliputi
kesederhanaan,integritas,fokus pada orang,berdaya juang ,kreatifitas,dan
risiko.
1.Tahap Pengembangan
Pengembangan produk baru merupakan bagian terpenting
dalam pemaran.namun demikian ,dalam tahap pengembangan produk ini sering timbul
risiko yang besar dan 80% produk gagal (zimmerer,1996:124).
2.Tahap Pengenalan
Pada tahap ini produk baru diperkenalkan potensial.karena
masih kurang diterima dipasar,produk baru harus mencoba menerobos pasar yang
sudah ada dan bersaing dengan produk yang sudah ada.untuk memperkenalkan produk
baru ini,promosi dan periklanan harus lebih gencar agar produk ini dikenal oleh
konsumen terutama konsumen potensial.karena biaya pemasaran produk pada tahap
ini relatif besar,pada tahap ini keuntungan bisanya negatif.
3.Tahap Pertumbuhan Penjualan.
Setelah barang dikenal oleh konsumen,produk tersebut
mulai masuk dan diterima oleh konsumen atau disebut juga tahap pertumbuhan
penjualan.
4.Tahap Kematangan
Pada tahap kematangan,volume penjualan terus meningkat
dan margin laba mencapai puncaknya,tetapi kemudian menuru karena masuknya
persaingan baru kepasar.maksudnya produk persaingan sudah barang tentu
menyebaabkan menurunnya hasil penjualan.
5.Tahap Kejenuhan
Pada tahap ini pnjualan mencapai puncaknya dan konsumen
mulai jenuh terhadap produk tersebut,oleh sebab itu,pada tahap inilah inovasi
produk harus dimulai.
6.Tahap Penurunan
Tahap ini merupakan lingkaran akhir produk hasil
penjualan produk secara terus menerus mulai menurun ,produk lama mulai diobral
dan cuci gudang ,otomatif margin laba juga turun secara drastis.
3.Tempat(place)
Tempat yang
menarik bagi konsumen adalah tempat yang paling straregis,menyenangkan,dan
efesien.untuk mencapai sasaran tempat yang baik dapat dilakukan jalan sebagai
berikut:
A.Memperbanyak
saluran distribusi misalkan langsung kekonsumen atau tidak langsung,yaitu
melalui para agen.
B.Memperluas
sekmentasi atau cakupannya,misal sekmen lokal,regional,nasional dan
internasional.
C.Menata tampilan
tempat usaha misal tata etalakse,dan posisi produk.
D.Menggunakan cara
menyampaian barang seefisien mungkin.
E.Mengubah-ubah
persediaan dari gudang yang satu kegudang /tempat yang lain.hal ini penting
untuk mengendalikan persediaan dan penawaran.
4.Harga(price)
Harga yang
tepat adalah harga yang terjangkau dan paling efisien bagi konsumen.
Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan antara lain sebagai berikut:
A.Biaya barang dan jasa.
B.Permintaan dan penawaran pasar.
C.Antisipasi volume penjualan produk dan jasa.
D.Harga pesaing.
E.Kondisi ekonomi.
F.Lokasi usaha.
5.Promosi ( promotion )
Promosi
adalah cara mengomunikasikan barang dan jasa yang ditawarkan supaya konsumen
mengenal dan membeli.tujuan promosi adalah untuk memperkenalkan barang dan jasa
agar diketahui,dibutuhkan,dan diminta oleh konsumen.
C.TEKNIK
PENGEMBANGAN USAHA.
1.Perluasan skala ekonomi (economic of
scale).
Cara ini
dapat dilakukan dengan menambah skala produksi ,tenaga kerja ,teknologi,sistem
distribusi,dan tempat usaha.ini dilakukan bila perluasan usaha atau peningkatan
output akan menurunkan biaya jangka panjang ,yang berarti mencapai skala
ekonomi.
2.Perluasan cakupan usaha(economic of scope)
Economic of
scope adalah diversifikasi usaha ekonomis yang ditandai oleh biaya produksi total
bersama.cara ini dilakukan dengan cara menambah jenis usaha baru ,produk,jasa
baru yang berbeda dari yang sekarang diproduksi serta dengan teknologi berbeda.
D.STRATEGI DAN
STRATEGI KEWIRAUSAHAAN.
1.Manajemen
kewirausahaan.
Para
wirausahawan menggunakan proses inovasi sebagai alat pemberdayaan sumber-sumber
untuk menciptakan suatu nilai barang dan jasa.proses inovasi dikendalikan oleh
kreatifiitas.kreatifitas merupakan mata rantai antara pengetahuan pengenalan
baru untuk mengkombinasi sumber-sumber dan proses pengembangan pengetahuan
secara sistematis kedalam suatu inovasi yang digunakan dipasar.
Manajemen
kewirausahaan menyangkut semua kekuatan perusahaan yang menjamin bahwa usahanya
betul-betul eksis.bila usaha baru berhasil ,wirausahaan harusmemiliki empat
kompetensi .
A.Fokus pada pasar ,bukan pada teknologi.
B.Buat ramalan pendanaan untuk menghindari tidak terbiayainya perusahaan.
C.Bangun tim manajemen,bukan menonjol perorangan.
D.Beri peran tertentu,khusus bagi wirausahaan penemu.
2.Strategi
kewirausahaan .
Beberapa keputusan strategi yang diperlukan dalam kondisi pertumbuhan
yaitu:
A.Perubahan produk barang dan jasa .
B.Strategi yang menyankut penetrasi pasar.
C.Kemapuan untuk memperoleh modal investasi dalam rangka penelitian dan pengembabgan
D.Analisis sumber daya manusia sehingga mempunyai keterampilan yang unik
untuk mengimplementasikan strategi.
3.Strategi bagi
pemimpin pasar (market leader)
Strategi ini meliputi:
A.Bersikap menyerang dan agresif untuk mempetahankan pangsa pasar.
B.Bersikap bertahan dan tidak terlalu agresif.
C.Tidak boleh ada anggapan bahwa perusahaan yaang berhasil tidak memiliki
tantangan.
4.Strategi bagi
yang bukan pemimpin pasar
Strategi ini dilakukan dengan cara sebagai berikut;
A.Secara agresif menggunakan kompetensi terbaik untuk meraih peluang pasar
sehingga tidak tertandingi oleh pesaing.
B.Mengembangkan strategi sebagai follower leader.
5.Strategi yang
lain.
Banyak strategi yang dilakukan wirausahawan pada tahap pertumbuhan ,diantaranya mencakup
hal-hal berikut:
A.Pertahanan bersaing .
B.Mencoba untuk produk yang menjdi
pemukul besar,dan tidak berkonsentrasi pada perbaikan keberhasilan produk yang
sudah ada.
C.Mengambil langkah positif dan proaktif untuk menguasai manajer kunci dan
ahli teknik profesional yang selalu diikutsertakan dalam pembentukan
keberhasilan perusahaan.
6.Memelihara
semangat wirausahawan.
Untuk mendorong perilaku kreatif agar wirausahawan memperoleh keuntungan
dipasar dapat dilakukan.
A..Mendidik wirausahawan tentang bagaimana pelayanan perusahaan khususnya dan
tentang alasan mereka memberi produk dan jasa,tentang masalah yang dihadapi
pelanggan,dan tentang apa kebutuhan serta keinginan yang spesifik dari
pelanggan.
B.Mendidik wirausahawan tentang nilai-nilai perbaikan produk dan
pemasarannya tentang proses distribusi dan perbaikan teknik produksinya untuk dapat bersaing.
C.Menciptakan iklim kerja yang positif yang mendorong terciptanya ide-ide
baru.
BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan.
Sebelum membangun dan memulai suatu
usaha seharusnya perlu dipertimbangkan perhitungan mengenai kelayakan sebuah
usaha dari berbagai aspek bisnis yang mempengaruhi kelancaran usaha
tersebut.Idealnya dalam menentukan sebuah kelayakan usaha dibutuhkan masukan
dari beberapa ahli yang memberikan tinjauan ilmu menajemen, teori ekonomi,
teknik produksi, ilmu sosial, hukum, komunikasi dan ilmu yang berkaitan dengan
persoalan atas berdirinya sebuah usaha.
Perencanaan produk yang dihasilkan oleh
usaha harus benar- benar sesuai dengan kebutuhan konsumen. Selain itu, produk
yang dihasilkan harus mencerminkan kualitas yang baik. Hal tersebut agar sesuai
dengan tujuan usaha yang mana produk yang dihasilkan dapat diterima dan sesuai
dengan kebutuhan konsumen dan dapat memuaskan konsumen. Karena produk merupakan
titik sentral dari kegiatan pemasaran, keberhasilan suatu usaha dapat diketahui
dari respon yang ditunjukkan oleh konsumen. Pada situasi persaingan dan
perubahan yang bergerak begitu cepat ini usaha ditekan oleh faktor-aktor
eksternal seperti perubahan teknologi, ekonomi, sosial kultural dan pasar.
Dalam situasi seperti ini konsep pemasaran tidak cukup hanya berbicara tentang
penjualan, periklanan atau bahkan konsep bauran pemasaran 4P (product, place,
pricing, dan promotion),akan tetapi Pemasaran harus dilihat sebagai suatu
konsep bisnis strategi (strategic business concept),Artinya pemasaran tidak
lagi sekadar marketing as it is, melainkan harus diintegrasikan dengan strategi
usaha secara keseluruhan.
B.saran
Dengan adanya
pembuatan makalah ini kami berharap kepada seluruh mahasisswa dapat mengambil
contoh dan pelajaran tentang bagaimana cara menjadi seorang wirausahawan serta
strategi.
DAFTAR PUSTAKA
Collis,David
J.,C.A.Montgomery.1998.corporate strategy:A
resources-based
Approach.New
york:McGraw-hill International Editions.
David,fred R,1999.strategic management :concepts and
cases.New jersey:
Prentice
Hill.Inc.Dharmmestha,B.swastha,Ibnu sukotjo E .1995.pengantar bisnis modern.Edisi ketiga. Yogyakarta:liberty.
0 Response to "Contoh makalah tentang kewirausahaan"
Posting Komentar