cara menyusun makalah - KUMPULAN MAKALAH -->

Iklan Tengah Artikel 1

cara menyusun makalah

Cara cara menysun makalah yang baik dan benar

Makalah adalah karya tulis yang mengandung pemikiran mengenai suatu topik atau malah tertentu yang ditulis secara sistematis dan selaras disertai dengan analisis yang logis dan objektif.

Contoh Kata Pengantar Makalah

Sering kali kita bingung ketika diperintahkan guru atau dosen untuk membuat sebuah makalah. Perlu kamu tahu, setidaknya terdapat 8 struktur makalah yang salah satunya yaitu “kata pengantar” yang kerap kali membuat bingung bagi orang pertama kali membuatnya karena belum pernah melihat contoh kata pengantar makalah.

Tetapi tenang karena contoh pengantar makalah yang akan kami bagikan bisa langsung anda copy dan paste ke makalah yang sedang dibuat, serta bukan hanya saja contoh kata makalah yang dibahas disini, melainkan juga bahasan-bahasan lain terkait dengan makalah seperti pengertian, manfaat, struktur, jenis, karakteristik, dan bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar.

Pengertian Makalah

Makalah adalah karya tulis yang mengandung pemikiran mengenai suatu topik atau malah tertentu yang ditulis secara sistematis dan selaras disertai dengan analisis yang logis dan objektif.

Makalah merupakan salah satu jenis karangan yang mempunyai sifat/ciri ilmiah objektif, berdasarkan fakta, sistematis, tidak memihak, dan logis. Makalah itu ditulis untuk disajikan di dalam forum ilmiah atau tugas yang terstruktur.

Manfaat Makalah


Lalu apakah manfaat dibuatnya makalah? diantaraya:

Belajar memahami sebuah masalah dan berusaha mencari jalan keluar.Menerapkan pengetahuan yang sudah dipelajari untuk dipraktekkan di lapangan.

Membuka pikiran agar memahami permasalahan yang ada di lapangan.Jenis-Jenis MakalahMakalah Deduktif, yaitu makalah yang ditulis berdasarkan kajian teoretis (pustaka yang relevan dengan masalah yang sedang dibahas)Makalah Induktif, yaitu makalah yang disusun berdasarkan data empiris, didapat dari lapangan yang relevan dengan masalah yang sedang dibahas.Makalah Campuran, yaitu makalah yang ditulis berdasarkan kajian teoretis digabung data empiris yang relevan dengan masalah yang sedang dibahas.
Karakteristik / Ciri-Ciri Makalah

Diantara karakteristik makalah yaitu:

Memperlihatkan kemampuan pemahaman terhadap isi dari beragam sumber yang digunakan.Mendemonstrasikan kemampuan untuk meramu beragam sumber informasi di satu kesatuan sintesis yang lengkap.Mendemonstrasikan pemahaman mahasiswa mengenai masalah teoritik yang dikaji atau kemampuan mahasiswa dalam menerapkan suatu prinsip, teori, atau prosedur yang berkaitan dengan perkuliahan.Adalah hasil kajian literatur atau laporan pelaksanaan sebuah kegiatan lapangan yang cocok dengan meliputi permasalahan sebuah perkuliahan.

Sistematika Penulisan / Susunan Makalah

Secara umum, struktur makalah terdiri dari :

Cover / Bagian Sampul Makalah: terdiri dari judul, logo kampus/universitas, data lengkap penulis, jurusan, fakultas, kota, dan tahun kapan makalah di buat.Kata Pengantar: diawali dengan kalimat puji-pujian kepada Allah SWT, sedikit gambaran tentang makalah, ucapan terima kasih, dan biasanya terdapat pula harapan penulis/permintaan sumbangsih saran dan kritik.Daftar Isi: berisi poin-poin yang terdapat dalam makalah beserta nomor halamannya.BAB I Pendahuluan: Secara umum memuat mengenai gambaran umum tentang makalah, masalah yang akan dibahas, latar belakang. Struktur di BAB I ini meliputi :Latar Belakang: Memakai kaidah segitiga artinya dari pembahasan umum ke pembahasan khusus.Rumusan Masalah: berisi rumusan apa yang kamu bahas dalam makalah.Maksud

dan tujuan: berisi maksud dan tujuan pembuatan makalah.BAB II Pembahasan:  disini permasalahan akan dibahas tuntas. Bagian ini adalah bagian dari isi sesungguhnya makalah. Harus dipaparkan fakta-fakta untuk memperkuat tulisan, serta kajian referensi dari berbagai penulis untuk mendukung gagasan yang diangkat.BAB III Penutup: Berisi kesimpulan dari pembahasan yang dibahas pada BAB II. Ada juga yang menambahkan saran.Daftar Pustaka:  Berisi daftar referensi rujukan yang dimbil. Bisa berupa buku, jurnal, skripsi, data dari internet dan sebagainya. Kamu harus memperhatikan kaidah atau aturan penulisan daftar pustaka.Lampiran: Lampiran tidak harus ada. Tapi kamu bisa melampirkan data-data pendukung seperti foto-foto kegiatan, dan sebagainya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "cara menyusun makalah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel